Skip to main content

Mulai menjadi seorang Blogger!

Yayy Akhirnya sudah dapat belajar blogger

Blogger

Hai Semuanya...??!!


Jaman sekarang masih belum mengenal dasar - dasar ngeBlog?? 
Yakin kamu generasi milenial??! 

kalau benar kamu seorang generasi milenial, yuk ikuti tutorialnya.👲 
 
Pastikan terlebih dahulu kamu sudah memiliki akun Gmail, karena kita akan memulai blogger melalui akun gmail 👍


Jika sudah memiliki akun google, maka ketiklah link berikut pada web browser anda : www.blogger.com
pilih menu "Sign In"
jika tampilan yang muncul adalah form mengisi Gmail dan password maka isilah akun gmail anda dan password anda
jika tampilan login anda sebagai berikut, maka pastikan akun anda ada dalam pilihan "Pilih akun". jika tidak, pilih "Gunakan Akun yang lain"

Isilah alamat email anda dengan lengkap, lalu klik berikutnya
Isilah password gmail anda dengan benar, dan pastikan orang yang berada di sekitar anda tidak mengetahui password yang akan anda isi.

  
jika sudah berhasil masuk maka tampilan halam utama blogger anda akan muncul seperti gambar berikut. lalu klik "Create New Blog" untuk memulai blogger anda

 Ketika anda telah memilih "Create New Blog" maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

title : judul blog anda (Contoh : Belajar Blog ala dharma loka)
address : masukkan link yang nantinya dapat diakses melalui browser


jika anda telah mengisi alamat blog anda atau address anda maka perhatikan pada sebelah kanan ada tanda verifikasi bahwa address atau alamat blog anda dapat digunakan dengan symbol seperti pada berikut :
Jika hasilnya seperti gambar berikut ini, maka anda harus mencari alamat yang baru lagi.
pilihlah tema yang telah disediakan oleh blogger yang berada pada gambar berikut. jika sudah maka silahkan anda mengklik "Create Blog"
pilihlah pilihan "No Thanks" jika muncul tampilan seperti berikut :
untuk memulai membuat artikel klik pilihan "New Post" seperti gambat berikut
jika anda sudah berhasil masuk kedalam tampilan berikut yang ada pada bawah, pastikan anda memilih editor compose, agar lebih user friendly. atau bahasa umumnya lebih mudah.

setiap icon yang telah dilingkarkan dan dinomorkan memiliki masing-masing fungsi. dan jangan lupa ketika kamu membuat sebuah artikel. jangan lupa memberikan nama artikel tersebut pada Post (Post Title) atau Judul postingan. dan ditegaskkan sekali lagi bahwa post title itu hanyalah sebuah judul postingan anda, tidak alamat/link anda!

berikut merupakan nama-nama dari masing-masing fungsi
1.  Undo
2.  Redo
3.  FontStyle
4.  FontSize
5.  Format
6.  Bold
7.  Italic
8.  Underline
9.  Strikethrough
10. TextColor
11. TextBackgroundColor
12. Link
13. InsertImage
14. InsertVideo
15. InsertSpecialCharacter
16. InsertJumpBreak
17. Alignment
18. NumberedList
19. BulletList
20. Qoute
21. RemoveFormatting
22. CheckSpelling

jika anda sudah mencoba semua masing - masing fungsi. sudah tentunya ada beberapa fungsi yang sudah anda ketahui fungsinya pada pembelajaran Microsoft Word, Excel, Powerpoint. Maka untuk fungsi penulis tidak akan berpanjang lebar untuk menjelaskan fungsi-fungsi tersebut.



ada 4 opsi pada pojok kanan atas menu editor blogger anda. masing - masing opsi memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Publish

Fungsi dari publish adalah untuk membagikan hasil postingan yang ada buat sehingga semua orang dapat membuka postingan (Jika terkoneksi dengan internet).

Save/Saving 

Fungsi dari Save/Saving adalah untuk menyimpan hasil perkerjaan anda sehingga anda tidak perlu memposting terlebih dahulu. dan dapat dibuka kapan saja dan dimana saja.

Preview

Fungsi dari Preview adalah untuk membuka hasil sementara artikel anda. pada biasanya preview ini akan sedikit berkurang dalam menampilkan hasil. contohnya akan ada dimana anda mempreview hasil yang anda buat tetapi tidak ada ada perubahan tersebut. solusinya adalah kamu harus mempublikasikan lalu anda membuka linknya.

Close

Fungsi dari close adalah untuk workbook anda atau lembar kerja anda. ketika anda memilih pilihan close biasanya akan muncul pilihan yang mana nantinya anda diberitahu apakah anda ingin menyimpan perubahan atau tidak. tetapi jika tidak ada muncul pernyataan tersebut maka anda sudah menyimpan terlebih dahulu sebelum memilih close


NB : Ketika sedang mengerjakan artikel jangan lupa sambil Save agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan 



Foto from 

Comments

Post a Comment

Harap beretika dalam berkomentar, Terimakasih :)

Popular posts from this blog

Jarkom

Hasil Penilaian Test Typing Kelas IX

Salam sejahtera untuk semuanya,  Berikut merupakan hasil penilaian Typing yang telah dilaksanakan : Tanggal : 28 september s/d 04 oktober 2019  Lokasi : di Lab Smp Dharmaloka Waktu : Menyesuaikan jam pelajaran masing-masing kelas kelas nama Keakuratan CPM 9A 9A Devina Hartamty 93,56 231,54 9A JOYCELYN 94,98 417,14 9A Celine Novrilly. S 90,90 276,95 9A Stevanny Lasana Wang 92.22 254.85 9A Andry Benedictus 73.72 122.58 9A Frendhy Zhuang 90.36 292.18 9A Angelin Loiwanta 97.01 334.75 9A Vannie Kosasih 91,39 260,73 9A Leontyne Putri 91.72 382.58 9A Fanny Amelia 91.16 331.27 9A Erina Salim 90.39 227.01 9A Winson Wijaya 94,04 293,16 9A Petra Jacelyn 92.03