Skip to main content

Computer History - First Generation Computer


PELAJARI  SAJA DAN KERJAKAN LATIHANNYA

Penemu komputer pertama kali

 
Charles Babbage ialah orang yang pertama kali menemukan komputer pertama, dimana ia dikenal sebagai salah satu penemu yang terkenal dalam sejarah. Ia ini adalah seorang yang sudah banyak memberikan karyanya pada kehidupan manusia hingga saat ini. Difference engine no.1 atau yang sering kali kita sebut dengan mesin penghitung ini adalah temuannya. 


Dimana menjadi salah satu ikon yang sangat terkenal di dalam sejarah. Babbage ini juga kerap dikenal dengan julukan bapak komputer. Dia juga menggunakan namanya untuk menghargai jasa dari penemuan komputer dunia yang dilakukan, nama tersebut terkenal dengan The Charles Babbage Foundation.








Komputer generasi pertama (1946 – 1959) tabung vakum 

First Generation Computer

Tahun 1946 adalah tahun dibuatnya komputer pada generasi pertama dibuat dengan memakai tabung vakum untuk dijadikan sebagai komponen dasar pembuatannya. Tabung vakum ini juga menjadi salah satu komponen dasar memang dikenal sama sekali tidak efisien pada beberapa aspek.
Sejarah Penemuan Transistor
Tabung Vakum / Tabung Hampa

Sebab komponen ini memang cepat sekali panas pada saat di pakai. Selain itu, komponen ini juga akan memerlukan daya listrik yang jauh lebih besar dalam pengoperasiannya. Electronic numerical integrator and computer atau yang di singkat dengan ENIAC ini ialah salah satu contoh dari komputer generasi yang pertama.

Untuk perangkat dari komputer generasi pertama dibuat oleh John mauchly dan juga J.Presper Eckert pada University of Pennsylvania. Mereka berdua ini memang membangun ENIAC dengan memakai 18.000 dari tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki serat mempunyai berat yang dapat mencapai sekitar 30 ton.

Sejarah dari komputer generasi pertama ini memang menjadi salah satu digital elektronik yang dipakai sebagai kebutuhan yang paling umum. Program dari ENIAC ini telah di rancang sejak tahun 1942 namun baru dimulai pada tahun 1943 dan pada tahun 1946 rancangan ini sudah selesai. 

Bentuk dari program ENIAC memiliki ukuran yang sangat besar, pada saat peletakkan program ini saja akan memerlukan ruang sebesar 500 m2. ENIAC ini juga menggunakan sekitar 75.000 relay dan juga saklar, 18.000 tabung hampa udara, 70.000 resistor, dan juga 10.000 kapasitor. 

Pada saat memulai pengoperasian, ENIAC ini memerlukan daya listrik yang amat sangat besar yakni sekitar 140 kilo watt. Sedangkan bahasa yang dipakai pada komputer generasi yang pertama ini merupakan bahasa mesin. Bahasa ini akan menjadi bahasa pemrograman yang amat sangat dasar, selain itu bahasa ini juga hanya akan di mengerti oleh komputer.
Bahasa Pemrograman Beserta Contohnya
Contoh Bahasa pemrograman

Dana yang diperlukan untuk bisa membuat perangkat komputer ini bisa mencapai kurang lebih 1 juta dollar. Namun sayangnya kemampuan dari komputer generasi ini memang amat sangat terbatas, sehingga untuk bisa memecahkan suatu masalah yang ada di dalam satu waktu. 

Bahkan operator ini juga wajib memakai kartu berlubang atau punched cards, serta menggunakan pita kertas untuk bisa input. Untuk bisa melakukan output yang dihasilkan akan berupa print out. Dengan menggunakan biaya pembuatan yang sangat fantastis, namun fungsi dari komputer generasi pertama ini memang belum maksimal.
kartu berlubangatau punched cards

Perangkat lunak dari komputer yang di kembangkan pertama kali yakni komputer dengan desain pesawat serta dengan menggunakan peluru kendali. Salah satu ilmuan yang melakukan pengerjaan konsep dari pengembangan tersebut ialah Konrad Zuse yang merupakan seorang insinyur dari Negara Jerman.

Sedangkan pada pertengahan tahun 1940, John Von Neuman ini turut ikut bergabung pada tim University Of Pennysylvania. Electronic discrete variable automatic komputer atau EDVAC yang merupakan ciptaan dari Von Neuman di tahun 1945, dengan menggunakan memori untuk bisa menampung dari program maupun data yang akan di simpan.

Teknik yang seperti ini bisa saja akan menjadikan komputer bisa berhenti sewaktu- waktu yang selanjutnya dalam melakukan pekerjaannya kembali. Arsitektur Von Neuman ini memiliki peran utama yakni sebagai unit pemrosesan sentral dari CPU. Dimana mampu seluruh fungsi dari komputer yang di koordinasikan melalui satu sumber tunggal. Ciri- ciri dari komputer dari generasi pertama ialah CPU.

Selain itu, komputer generasi pertama mempunyai ciri yang khusus, yakni instruksi yang ada di dalam mengoperasikan yang dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Seluruh komputer memang memiliki program seperti halnya kode-biner. 

Sedangkan untuk masing- masingnya juga sangat berbeda disebut dengan bahasa mesin, sehingga hal inilah yang mengakibatkan program dari komputer sulit untuk di programkan serta kecepatan bisa di batasi.


Ciri-ciri komputer generasi pertama:
  1. Hardware dari komputer memiliki ukuran fisik yang jauh lebih besar serta membutuhkan ruang yang luas.
  2. Instruksi operasi memang dibuat secara spesifik guna melakukan tugas tertentu.
  3. Untuk program hanya dapat dibuat dengan memakai bahasa mesin.
  4. Komputer juga memiliki silinder magnetic guna menyimpan data.
  5. Memakai simpan luar magnetic disk dan juga magnetic tape.
  6. Memerlukan daya listrik yang sangat besar.
  7. Perlu alat pendingin karena cepat panas.
  8. Memiliki daya simpan yang kecil.
  9. Kinerjanya kurang cepat.
  10. Memakai konsep stored program dengan menggunakan memori utama yakni magnetic core storage.
  11. Tabung hampa sebagai sirkuitnya, tabung hampa inilah yang menjadikan ukuran dari komputer saat itu memiliki ukuran yang amat besar.

Untuk Central Processing Unit yang ada pada komputer generasi pertama ialah mesin pertama yang dipakai untuk mengoperasikan semua sistem komputer.  Sedangkan untuk program yang utama adalah machine language.

magnetic tape
silinder magnetic

Comments

Popular posts from this blog

Mulai menjadi seorang Blogger!

Yayy Akhirnya sudah dapat belajar blogger Blogger Hai Semuanya...??!! Jaman sekarang masih belum mengenal dasar - dasar ngeBlog??  Yakin kamu generasi milenial??!  kalau benar kamu seorang generasi milenial, yuk ikuti tutorialnya.👲    Pastikan terlebih dahulu kamu sudah memiliki akun Gmail, karena kita akan memulai blogger melalui akun gmail 👍 J ika sudah memiliki akun google, maka ketiklah link berikut pada w eb browser anda : www.blogger.com pilih menu " Sign In " jika tampilan yang muncul adalah form mengisi Gmail dan password maka isilah akun gmail anda dan password anda jika tampilan login anda sebagai berikut, maka pastikan akun anda ada dalam pilihan " Pilih akun ". jika tidak, pilih " Gunakan Akun yang lain " Isilah alamat email anda dengan lengkap, lalu klik berikutnya Isilah password gmail anda dengan benar, dan pastikan orang yang berada di sekitar anda tidak mengetahui password yang akan anda isi.    

Jarkom

Hasil Penilaian Test Typing Kelas IX

Salam sejahtera untuk semuanya,  Berikut merupakan hasil penilaian Typing yang telah dilaksanakan : Tanggal : 28 september s/d 04 oktober 2019  Lokasi : di Lab Smp Dharmaloka Waktu : Menyesuaikan jam pelajaran masing-masing kelas kelas nama Keakuratan CPM 9A 9A Devina Hartamty 93,56 231,54 9A JOYCELYN 94,98 417,14 9A Celine Novrilly. S 90,90 276,95 9A Stevanny Lasana Wang 92.22 254.85 9A Andry Benedictus 73.72 122.58 9A Frendhy Zhuang 90.36 292.18 9A Angelin Loiwanta 97.01 334.75 9A Vannie Kosasih 91,39 260,73 9A Leontyne Putri 91.72 382.58 9A Fanny Amelia 91.16 331.27 9A Erina Salim 90.39 227.01 9A Winson Wijaya 94,04 293,16 9A Petra Jacelyn 92.03